Pentingnya Pengembangan Diri

Humility tidak berpamrih, tidak mencari panggung dan kehormatan diri. Humility membangun diri kita menjadi orang yang toleran terhadap perbedaan dan keberagaman. Diantara keempat nilai inti itu, Humility yang sungguh tidak mudah untuk dipraktekkan. Humility berakar dari kesadaran bahwa selayaknya kita menempatkan kepentingan yang lebih mulia di atas kepentingan pribadi. “Setiap orang yang kepadanya banyak diberi, dari padanya akan banyak dituntut.”

Jangan mudah terganggu dengan hal-hal lain yang tidak berkaitan dengan pencapaian tujuan. Pemimpin harus menunjukkan kedisiplinan dalam dirinya sehingga anggota tim akan terinspirasi dengan hal tersebut dan ikut menjadi disiplin juga. Cara terbaik untuk melatih skill kepemimpinan adalah dengan terus menjadi lebih baik dan lebih baik lagi setiap harinya. Dengan demikian, seorang pemimpin akan mampu membantu pengikutnya untuk belajar dan bertumbuh. Pastikan Anda dan setiap orang di dalam tim ikut bertumbuh juga seiring dengan pertumbuhan organisasi. Setiap manusia yang hidup pastilah menemukan permasalahan dalam hidupnya.

Pengumpulan umpan balik ini perlu menjadi proses yang berkelanjutan. Karena kemajuan karier akan menghadapi tantangan dan tuntutan baru. Dengan stimulasi yang tepat, arahan dan bimbingan yang sesuai, serta kepercayaan diri, proses si kecil dalam menggali potensinya pun akan menjadi lebih meneyenangkan. Hal ini karena ia melakukannya atas dasar kemauan sendiri, dan bukan karena paksaan orangtua.

Salah satu tantangan terbesar dalam pemecahan masalah adalah kebiasaan berpikir. Untuk mengatasi masalah, kamu perlu berpikir dengan cara yang kreatif. Dan untuk berpikir kreatif, kamu perlu keluar dari rutinitas yang dijalankan selama ini.

Cara mengasah kemampuan diri sendiri

Kecerdasan emosional adalah kemampuan mengenali dan merasakan emosi diri sendiri dan orang lain. Seseorang yang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi, dapat membina hubungan yang baik dengan sesama. Catatan tersebut juga berguna untuk menentukan kegiatan mana yang paling penting atau memiliki tingkat urgensi yang besar dibandingkan kegiatan lain. Waktu yang terbuang pun semakin sedikit sehingga Anda mempunyai waktu yang lebih banyak untuk eksplorasi potensi dalam diri.

Untuk meningkatkan rasa percaya diri ini, mau tidak mau Anda harus memiliki keyakinan dalam diri Anda sendiri. Yakinkan diri Anda sendiri bahwa Anda mampu menampilkan yang terbaik. Karena namanya public talking, maka kemampuan utama yang harus dimiliki oleh seorang presenter adalah berkomunikasi, atau lebih tepatnya berbicara.

Myrio