Mengenal Vaksin Covid

Uji klinis yang dilakukan AstraZeneca pada virus corona varian asli, menunjukkan efikasi 76 persen setelah pemberian dosis pertama. Bahkan setelah pemberian dosis kedua dalam jeda 12 minggu, efikasi naik hingga minimal 82 persen. Vaksin juga bisa mereduksi beban virus, yang membuat penularan Covid-19 juga makin lambat. Berdasar data ini vaksin mendapat izin penggunaan dari lembaga pengawas obata Eropa-EMA dan lebaga serupa di berbagai negara.

Vaksin Astrazeneca berasal darimana

Kendati demikian, sang nakes rupanya tetap terinfeksi virus Corona sehingga kemudian dilakukan pemeriksaan lebih lanjut atas nakes yang bersangkutan. Perusahaan farmasi asal Amerika Serikat , Pfizer baru saja mengabarkan bahwa vaksin Covid-19 buatannya yang berkolaborasi dengan BioNTech efektif melawan corona. Kabar tersebut mengatakan bahwa keefektifannya dapat menangkal virus Covid-19 hingga lebih dari 90% tanpa efek samping berbahaya. Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad, mendesak aparat penegak hukum turun tangan menyelidiki dugaan kebocoran knowledge pribadi 279 juta information penduduk Indonesia. Saat ini whole kapasitas produksi vaksin mencapai 2 milyar dosis dan siap berkolaborasi dengan perusahaan lain.

Malaysia sendiri telah memulai program vaksinasi pada akhir Februari dengan menggunakan suntikan buatan perusahaan farmasi Amerika Serikat, Pfizer, yang bermitra dengan perusahaan Jerman, BioNTech. Chon dalam keterangannya mengatakan vaksin mereka telah terbukti dapat ditoleransi dengan baik dan efektif dalam mencegah Covid-19 dengan gejala. Ia mengklaim satu dosis vaksin memiliki kemanjuran seventy six persen terhadap Covid-19.

Menurut Ahmad, vaksin yang menggunakan tripsin saat proses pembuatannya tidak lagi mengandung tripsin atau babi. Namun, ia juga tetap mengingatkan bahwa masyarakat harus menghargai keputusan MUI pusat. Setelah Majelis Ulama Indonesia mengeluarkan fatwa mengenai hukum vaksin Covid-19 AstraZeneca, banyak yang bertanya mengapa MUI menetapkan label tidak halal pada vaksin ini. Enzim tripsin dari pankreas babi yang digunakan saat proses pembuatannya adalah penyebabnya. Ditambahkannya, proses screening atas orang yang akan divaksin COVID-19 harus lebih ketat, dan masyarakat didorong bersikap jujur terhadap berbagai penyakit yang telah diderita sebelumnya guna meminimalisir efek samping vaksinasi COVID-19.

Menurut Maleque, Serum Institute akan menyediakan vaksin dengan harga yang sama dengan yang dibayar India. Beberapa sumber mengatakan harga vaksin tersebut kemungkinan dipatok empat dolar AS hingga lima dolar AS per dosis. Sebuah video penangkapan pelaku yang mengunggah pembakaran Alquran tertangkap beredar di media sosial. Pesaing Pfizer saat itu, Squibb, kewalahan membuat obat penghilang rasa sakit dan antiseptik dalam jumlah besar untuk pasukan Union.

Myrio